Kebenaran dibalik Superfoods untuk tubuh

Pernahkan kamu mendengar kata Superfood atu Makanan Super ? Jika belum wajib untuk baca artikel ini, Jika sudah apakah kamu berpikir makanan ini benar-benar hebat ? Pertanyaan sebernarnya, apa dari maksud pemberian label Superfood ini ?

Penjelasannya ternyata cukup singkat !

Makanan super adalah konsep yang relatif baru dan meskipun tidak ada bukti ilmiah resmi untuk mendukung istilah tersebut, secara umum telah diakui bahwa makanan ini memiliki nilai gizi yang lebih tinggi daripada makanan lain. Sayangnya, karena kategori makanan super ini tidak ada regulasi maka siapa pun dapat menggunakan label makanan super pada produk mereka, hal ini menjadi kesempatan pada produsen untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya dengan memakai istilah superfoods. Istilah ‘makanan super’ seperti yang kita kenal sekarang adalah konyol karena pada dasarnya merupakan strategi kode untuk mejual produk dengan harga premium’.”

Rasanya sulit untuk percaya bahwa makanan tertentu memiliki kekuatan untuk, misalnya, memperlambat proses penuaan, menghancurkan sel-sel yang sakit atau membuat kita lebih cerdas, karena meskipun beberapa makanan pasti lebih bermanfaat bagi kesehatan kita daripada yang lain, makanan adalah berbicara tentang keseimbangan dan variasi. Banyak makanan yang dianggap ‘makanan super’ hanya akan terbukti benar-benar super jika dikonsumsi dalam porsi yang sangat besar dan itu hampir tidak mungkin. Contohnya bawang putih. Bawang putih mengandung nutrisi yang diyakini para ilmuwan dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, tetapi untuk melihat manfaat ini Anda harus makan hingga 28 siung perhari. Itu tidak mungkin dilakukan, pertimbangkan orang di sekitar Anda!. Tidak ada makanan yang termasuk berlabel ‘makanan super’, dapat mengimbangi makan yang tidak sehat. Jika orang secara keliru percaya bahwa mereka dapat ‘membatalkan’ kerusakan yang disebabkan oleh makanan tidak sehat dengan mengonsumsi makanan super, mereka telah melakukan pilihan yang tidak sehat dan meningkatkan risiko penyakit jangka panjang. Dalam hal menjaga kesehatan, yang terbaik adalah tidak mengkonsumsi satu makanan saja. Semua makanan yang belum diproses dari kelompok makanan utama dapat dianggap ‘super’ dan semua makanan ini berguna sebagai bagian dari diet yang seimbang.

Sekarang ada beberapa makanan yang dilabeli sebagai makanan super, dan banyak di jual di masayarakat, mari kita lihat apa saja kemampuan makanan super ini bagi tubuh kita

Berikut beberapa makanan yang populer saat ini sebagai superfoods :

ACAI BERRI

Buah beri ungu kecil ini dikatakan membantu penurunan berat badan, melawan tanda-tanda penuaan dan bahkan membantu melawan kanker serta penyakit jantung. Acai Berri memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi, khususnya anthocyanin, ada sedikit bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini. Acai Berri biasanya di olah dan dijual baik dalam bentuk tablet, atau sebagai bubuk sebagai bahan dalam jus minuman.

GOJI BERRI

Popularitas buah beri merah kecil ini meroket melampaui kepercayaan publik, sampai-sampai sekarang menjadi pemandangan umum di rak-rak supermarket. Berasal dari Tibet dan Mongolia Dalam, goji berry telah digunakan selama berabad-abad oleh ahli herbal Cina untuk mengobati penyakit seperti sirkulasi yang buruk dan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi seperti acai berry, efeknya belum dibuktikan oleh sains. Namun, goji mengandung vitamin C tingkat tinggi, yang sangat bagus untuk kulit, mata, jantung dan persendian dan mereka juga kaya akan antioksidan nabati, jadi jika menambakanya ke dalam program diet Anda, saya rasa itu bukan hal yang buruk. Goji dapat dibeli sebagai buah kering, sebagai bubuk atau sebagai bahan dalam jus atau smoothie. Dan dapat di konsumsi sebagai cemilan dikala waktu senggang anda.

KAKAO

Kakao, merupakan bahan cokelat, cokelat mengandung flavonoid, yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, setidaknya kedengaran bagus. Sayangnya itu bukan jenis cokelat yang kita bicarakan. Kakao adalah bentuk mentah dari cokelat, sehingga memiliki rasa cokelat yang kuat, tetapi tidak terlalu enak untuk dimakan, pada dasarnya karena tidak ditambahkan lemak, gula, atau susu kental ke dalamnya. Namun kabar baiknya, ini hanya mengandung 15 kalori per sendok makan dan hampir tidak mengandung lemak, jadi jika Anda sedikit chocoholic, cobalah mencampurkan bubuk kakao ke dalam smoothie/jus untuk mendapatkan rasa minuman yang lembut dan nikmat.

BIJI CHIA

Berasal dari Meksiko, biji chia membengkak ketika bersentuhan dengan air, yang berarti biji chia sangat bagus untuk membuat merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Suku Aztec dilaporkan makan chia untuk membantu daya tahan dan meningkatkan energi. Biji Chia sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam hidangan manis dan gurih. Hidangan bubur biji chia sangat biik untuk sarapan pagi, yang membuat kenyang sehingga tidak perlu memikirkan makanan lagi sampai tiba waktunya makan siang. Biji kecil ini mengandung asam lemak omega-3, serat dan kalsium dan proses pelepasan energinya yang lambat membantu mencegah lonjakan gula darah.

BUBUK MACA

Maca adalah akar sayuran yang tumbuh di Pegunungan Andes. Penduduk setempat menyebutnya adaptogen, yang pada dasarnya berarti dapat membantu beradaptasi dan mengatasi tekanan kehidupan sehari-hari. Maca memiliki rasa malt yang sangat kaya yang sangat baik dibuat dalam bentuk bubur. Sekali lagi, manfaat kesehatan masih belum terbukti, tetapi para pendukung bubuk maca percaya dapat meningkatkan energi, daya tahan, stres yang lebih rendah dan bahkan bertindak sebagai afrodisiak.

MATCHA

Matcha adalah daun bubuk dari tanaman teh hijau dan ditemukan tidak hanya di toko makanan kesehatan dan rak supermarket, tetapi juga di kedai kopi jalanan yang semakin sering digunakan dalam model minuman terbaru. Matcha mengandung antioksidan dan asam amino sebagai penghilang stres, L-theanine.

SPIRULINA

Terdengar seperti semacam penyakit tropis, tanaman ajaib ini hebat dalam mendetoksifikasi dan memberi energi dan dengan protein 300% lebih banyak daripada ikan atau daging, ini adalah sumber yang sangat baik dari protein untuk vegetarian dan vegan. Spirulina juga dikemas penuh dengan klorofil, mineral, vitamin, terutama vitamin B, dan zat besi dan rasanya enak ditaburkan di atas salad atau sebagai bubuk yang dicampur ke dalam air atau jus.

Ada juga beberapa nama makanan super baru yang harus di lihat di supermarket lokal anda, ini termasuk:

  • Camu Camu – memiliki 50 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk, dan karena itu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan pilek.
  • Lucuma – adalah pemanis GI rendah alami yang tidak mempengaruhi kadar gula darah tubuh. Lucuma juga penuh dengan mineral, yang dapat meningkatkan vitalitas.
  • Moringa – adalah daun hijau, mirip dengan bayam, yang membantu mengekang rasa lapar dan merangsang metabolisme.
  • Maqui berry – ini baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Apa pun pendapat Anda tentang makanan super, tidak dapat dipungkiri bahwa makan bersih, alami dan sehat mungkin adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh Anda tumbuh, terpelihara, dan bertahan selama mungkin. Tidak ada makanan yang benar-benar bisa menjadi makanan super, karena untuk menjadi makanan super itu berarti Anda bisa hidup sehat hanya dengan satu makanan itu saja, yang tidak realistis. Diet yang sehat harus didasarkan pada piring ‘eatwell’, yang menganjurkan makan keseimbangan yang tepat dari setiap kelompok makanan dalam jumlah yang tepat. Jadi, sebagai jawaban atas pertanyaan dalam judul, tidak ada yang disebut sebagai makanan super, yang sebenarnya tidak terlalu super, tetapi jika memakannya dalam pola makan yang sehat dan bervariasi maka ya, makanan itu akan bermanfaat bagi tubuh kita.

Foto : Pixabay

Leave a Reply

%d bloggers like this: